Komedo

Cara Alami Menghilangkan Komedo Dengan Ampas Kopi

Siapa sangka? Ampas kopi, limbah yang biasanya kita buang saat mencuci piring, rupanya bisa menjadi obat alami yang mujarab untuk menghilangkan komedo membandel yang tumbuh di sekitar hidung dan wajah kita.

Ya, berdasarkan penelitian Departemen Kesehatan Kulit dan Kelamin, Fakultas Kedoketran Universitas Indonesia baru-baru ini, ampas kopi diketahui sangat manjur dalam  mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit yang tersumbat penyebab timbulnya komedo. Selain itu, ampas kopi juga diketahui mengandung semacam zat yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Bagaimana ulasannya? Seperti apa cara menghilangkan komedo dengan ampas kopi yang dianjurkan hasil penelitian ini? Apakah benar bahan tradisional seperti ampas kopi bisa mengatasi masalah jerawat di kulit wajah kita? Berikut pembahasannya!

Cara Menghilangkan Komedo dengan Air GaramAmpas Kopi Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampas Kopi

Komedo dapat timbul karena adanya 2 faktor pemicu, yaitu karena kelebihan produksi minyak dan karena faktor timbunan sel kulit mati yang menutupi pori kulit.

Adapun kedua faktor penyebab timbulnya komedo tersebut sebetulnya dapat dicegah dengan mudah. Dan membersihkan kulit wajah secara rutin minimal 2 kali sehari menggunakan sabun lunak adalah kuncinya. Namun, aktivitas yang padat serta rasa malas yang timbul membuat kita jadi tak pernah melakukan hal ini. Komedopun tumbuh di mana-mana.

Untuk mengatasi komedo yang tumbuh ini, mencuci wajah saja menjadi tidak banyak membantu. Diperlukan bahan alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menyerap semua minyak yang menyumbat pori kulit. Adapun salah satu bahan paling mudah yang dapat kita temukan untuk mengatasi masalah ini adalah ampas kopi. Berikut ini beberapa tahapan dalam cara menghilangkan komedo dengan bahan alami ini seperti dianjurkan oleh hasil penelitian Departemen Ilmu Kesehatan Kulit FK UI.

Pertama, bersihkan wajah dari segala kotoran dengan mencucinya menggunakan sabun yang memiliki pH normal. Dalam hal ini, sabun bayi yang dipadukan dengan baby oil menjadi bahan yang paling dianjurkan.

Kedua, keringkan wajah menggunakan handuk hangat yang sudah diuapkan di atas uap air mendidih. Bercerminlah, dan perhatikan wajah Anda. Jika ada beberapa noda di wajha yang masih belum hilang, gunakan medicated deep cleanser seperti Clean and Clear untuk menghilangkannya.

Ketiga, gunakan kapas yang sudah dilumuri dengan air hangat untuk membuka pori kulit Anda. Kapas hangat ditempel-tempelkan ke wajah atau hidung yang berkomedo hingga beberapa menit hingga Anda merasa pori kulit sudah membuka.

Keempat, baluri wajah dengan ampas bubuk kopi yang sudah disediakan. Pembaluran dilakukan sembari menekan kulit dengan pola memutar hingga ampas kopi merata di bagian wajah yang berkomedo. Biarkan masker alami ini kering dengan sendirinya selama 30 menit. Adapum Amda dierbolehkan menonton TV atau mendengar musik sambil menunggunya.

Kelima, setelah kering, bilas wajah Anda hingga benar-benar bersih dari ampas kopi. Pembilasan sebaiknya dilakukan menggunakan air hangat kuku, agar ampas kopi bisa benar-benar terangkat semuanya.

Keenam, gunakan putih telur sebagai masker untuk mengecilkan kembali lubang pori di kulit Anda. Hal ini penting untuk mencegah pori berukuran besar secara permanen. Masker ini dibiarkan hingga benar-benar kering kurang lebih selama 15 menit.

Terakhir, bilas kembali wajah Anda dan rasakan perbedaan yang nyata. Kulit wajah menjadi kencang, bebas flek dan komedo.

Sebagai pungkasan, kami sarankan Anda untuk melakukan cara menghilangkan komedo dengan ampas kopi ini sebanyak 3 kali seminggu. Sedangkan masalah waktu tidak masalah. Anda bisa melakukannya di pagi, sore, atau malam hari menjelang beranjak tidur.

0 Response to "Cara Alami Menghilangkan Komedo Dengan Ampas Kopi"