Komedo

15 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami [Pengalaman Pribadi]

Cara menghilangkan komedo secara alami banyak dicari oleh mereka yang mengalami masalah penyumbatan pori kulit satu ini. Selain karena murah, salah satu teknik mengatasi komedo tersebut cenderung dipilih karena lebih praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperti apa pengalaman saya terkait hal ini? Apa saja bahan tradisional yang bisa digunakan dalam cara alami menghilangkan komedo di hidung atau di wajah yang sudah pernah saya lakukan? Berikut ini pembahasannya!

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami


1. Sekilas tentang Komedo
Komedo adalah hasil dari akumulasi kelebihan minyak yang tertimbun dalam pori-pori kulit wajah, adapun bagian kulit yang sering diserang adalah hidung dan bawah kelopak mata.

Berdasarkan jenisnya, komedo terbagi menjadi 2, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam atau blackheads adalah jenis komedo yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang, sementara itu, komedo putih umumnya berupa tonjolan kecil berwarna putih yang bera di bawah epitel kulit. Untuk dapat membedakan kedua jenis komedo ini, silakan lihat gambar di bawah ini.

Baik komedo hitam maupun komedo putih, keduanya sebetulnya bisa dihilangkan dengan beragam cara, hanya saja cara menghilangkan komedo secara alami cenderung lebih banyak dipilih karena relatif lebih murah dan mudah dilakukan.

Ada banyak bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo putih dan komedo hitam di wajah. Saya sendiri pernah mencoba sekitar 25 bahan alami untuk menghilangkan komedo di wajah saya. Maklum saya adalah orang dengan kelainan hormonal di wajah. Produksi minyak kulit saya terlalu berlebihan. Begitu kata dokter kecantikan saya.

Nah, adapun dari ke 35 bahan alami penghilang komedo yang sempat saya coba, ada 15 bahan alami yang menurut saya memberikan hasil yang sangat memuaskan. Teman-teman saya yang sudah mencoba beberapa bahan alami tersebut juga mengatakan hal serupa. Ya, bahan alami ini sangat ampuh menghilangkan komedo membandel yang biasanya datang lagi dan lagi. Berikut langsung saja disimak saja cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan ke-15 bahan tradisional tersebut.

1. Dengan Air Garam
Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan air garam. Menurut pengalaman saya, efektivitasnya sekitar 75%. Ya, garam dapur mengandung banyak mineral penting untuk kesehatan kulit kita, di mana salah satunya adalah natrium. Natrium mampu membuka pori kulit wajah dan menekan kotoran di dalamnya untuk keluar.

Jika Anda memiliki masalah dengan komedo hitam, mungkin bisa menjadi solusi terbaik. Caranya gunakan air hangat yang sudah dilaruti bahan alami ini untuk merendam kulit wajah yang berkomedo selama 15 menit kemudian tekan dan pijat wajah Anda agar minyak dan lemak dalam pori keluar semua.

2. Dengan Ampas Kopi
Ampas kopi yang biasanya kita buang saat mencuci piring ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung dan wajah kita. Caranya adalah dengan membalurkannya pada kulit yang berkomedo dan membiarkannya selama 15 menit hingga semua minyak dalam pori kulit terangkat sempurna. Tapi perlu diingat, sebelum dibalurkan, wajah sebelumnya harus diuapi dengan air panas agar pori kulitnya membuka.

Ampas kopi memiliki daya adsorbsi yang tinggi. Oleh karena itu, dari pengalaman saya, saya menilai bahan tradisional yang satu ini memiliki efektivitas sekitar 82% dalam kemampuannya menghilangkan komedo dan jerawat.

3. Dengan Baking Soda
Sama seperti garam, baking soda atau soda kue juga mengandung mineral Natrium yang berguna untuk mengatasi masalah komedo Anda. Ya, untuk menghilangkan komedo hitam Anda, balurkan baking soda pada wajah yang sudah dibersihkan selama 10 menit, kemudian basuh wajah menggunakan air hangat.

Penggunaan cara menghilangkan komedo secara alami satu ini juga bisa dikombinasikan dengan pembaluran masker alami dari berbagai jenis sayuran hijau seperti sawi, lobak, kentang, dan lain sebagainya. Hanya saja perlu diingat bahwa bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya menghindari cara ini. Penggunaan baking soda pada kulit sensitif berpotensi menyebabkan iritasi. Oh iya, menurut saya efektivitas bahan ini adalah sekitar 81%.

4. Dengan Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh adalah buah dengan tingkat keasaman yang tinggi. Secara alami, bahan asam ini bisa difungsikan sebagai asupan nutrisi Vitamin C yang dibutuhkan bagi kulit dengan kelebihan minyak yang tinggi. Saya pun merasa, penggunaan belimbing wuluh inilah yang paling mantap, oleh karena itu saya menilai efektifitas bahan tradisional ini dalam menghilangkan komedo adalah sekitar 93%.

Untuk cara penggunaannya sendiri menurut saya cukup mudah. Anda cukup membalurkan sari buahnya pada wajah yang sudah di basuh dengan susu pembersih atau sabun, kemudian membiarkannya selama 15 menit hingga semua vitamin tersebut dapat diserap oleh kulit wajah kita yang berkomedo.

5. Dengan Buah Tomat
Sama seperti belimbing wuluh, tomat juga dikategorikan ke dalam bahan alami penghilang komedo adalah karena kandungan vitaminya yang tinggi. Hanya saja, kandungan likopen dalam tomat membuat cara menghilangkan komedo secara alami dengan bahan ini umumnya akan memberikan hasil yang lebih baik. Selain wajah bebas komedo, penggunaan tomat sebagai masker wajah juga membantu meningkatkan kekenyalan kulit Anda.

Saya menilai efektivitas penggunaan bahan satu ini dalam menghilangkan komedo adalah sekitar 86%. Adapun caranya sendiri cukup mudah. Anda tinggal membalurkan air dan biji dari buah tomat ini sebagai masker alami wajah Anda. Dan membiarkannya selama beberapa menit, hingga nutrisi yang dimiliki buah ini dapat terserap ke dalam kulit wajah Anda.

6. Dengan Daun Jambu
Penggunaan daun jambu biji dalam upaya menghilangkan komedo dan jerawat sudah dikenal cukup lama, bahkan sejak zaman nenek moyang kita. Adapun caranya sendiri tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu membalurkan tumbukan daun jambu muda pada hidung atau wajah Anda sesaat sebelum mandi. Cara ini menurut saya sendiri, sebetulnya kurang dapat memberikan hasil yang optimal, oleh karena itu saya tidak merekomendasikannya, kecuali bagi Anda yang memiliki komedo dan jerawat pula. Ya, pengalaman saya, daun jambu biji cenderung lebih efektif mengatasi masalah jerawat dibandingkan masalah komedo.

7. Dengan Daun Kemangi
Nah, kalau cara menghilangkan komedo secara alami dengan daun kemangi menurut saya cukup memuaskan hasilnya. Saya sendiri menggunakan blenderan daun kemangi ini untuk wajah saya hingga saat ini. Blenderan daun kemangi sangat kaya akan minyak atsiri yang dapat meminimalkan kinerja kelenjar minyak dalam kulit wajah kita. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, menggunakan bahan ini sangat saya sarankan. Adapun untuk efektivitasnya dalam mencegah dan menghilangkan komedo menurut saya adalah sekitar 84%.

8. Dengan Daun Sirih
Ya, selain dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, air rebusan daun sirih yang digunakan untuk membasuh dan merendam muka secara rutin juga berguna untuk menghilangkan komedo-komedo di wajah kita. Adapun dengan melakukan cara menghilangkan komedo secara alami dengan bahan yang satu ini, saya memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Jerawat dan komedo di wajah hilang secara bersamaan, dan kulitpun tampak lebih cerah bersinar. Untuk efektivitasnya sendiri, saya menganggap penggunaan daun sirih untuk menghilangkan komedo dan jerawat adalah sekitar 80%.

9. Dengan Jeruk Nipis
Tahukah Anda jika jeruk dengan kandungan vitamin c tertinggi ternyata adalah jeruk nipis? Nah, kandungan vitamin C nya inilah yang biasa saya manfaatkan untuk mengatasi masalah komedo di hidung saya dengan sangat cepat. Efektivitasnya menurut saya adalah sekitar 89%.

Untuk menggunakan bahan satu ini, Anda cukup membalurkan sari buah jeruk nipis ke wajah yang sebelumnya sudah diuapi dengan air panas, diamkan sejenak sekitar 15 menit, lalu basuh menggunakan air dingin. Cukup mudah bukan?

10. Dengan Kecoa
Terdengar ekstrim memang, tapi ini benar adanya. Ya, penelitian yang dilakukan University of Kanazawa membuktikan jika cairan yang terkandung dalam perut kecoa mampu dengan sangat cepat menghentikan aktivitas kelenjar minyak di kulit wajah kita.

Bagi Anda yang berkomedo, cairan perut kecoa ini bisa dibalurkan ke wajah atau hidung Anda agar komedo kabur secara permanen. Akan tetapi, sejujurnya saya belum bernah melakukan cara alami menghilangkan komedo yang satu ini karena takut. Terus terang, kecoa adalah hewan yang paling saya takuti. Jadi rasanya tak mungkin bagi saya untuk melakukan hal gila ini. Akan tetapi, pernah ada seorang teman saya yang nekat melakukan cara menghilangkan komedo dengan kecoa, dan menurutnya hasilnya sangat menakjubkan. Ia mengatakan cara ini sangat efektif 99% untuk mengatasi komedo sehingga wajahnya kini tampil lembih cantik alami. Anda mau mencobanya?

11. Dengan Kentang
Parutan kentang segar yang digunakan sebagai masker alami untuk wajah saat menjelang tidur malam terbukti mampu mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati yang menjadi sumber masalah komedo. Penggunaan parutan kentang sendiri cenderung merupakan tindakan preventif yang bisa dilakukan kapan saja. Anda boleh menggunakan cara alami satu ini untuk menjaga kecantikan kulit Anda tanpa harus menunggu saat-saat tertentu. Adapun efektivitasnya menurut saya tak terlalu bagus jika ditujukan untuk menghilangkan komedo Anda. Ya, mungkin sekitar 54% -lah.

12. Dengan Kulit Jeruk
Menghilangkan komedo dengan kulit jeruk sebetulnya cara alami yang sudah banyak dilakukan orang-orang Thailand. Menurut suami teman yang juga bekerja di Bangkok, orang-orang Thailand meyakini jika kulit jeruk merupakan bahan alami yang mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Mereka menggunakan bahan ini dengan cara memblender dan membalurkannya ke wajah, kening, hidung, dan dagu yang berkomedo. Saya pun pernah mencobanya, hasilnya cukup baik. Menurut saya efektivitasnya mencapai sekitar 90%.

Nah, itulah beberapa cara yang saya rekomedasikan untuk menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami. Cara-cara menghilangkan komedo secara alami menurut saya cukup ampuh jika kita telaten melakukannya. Cara-cara ini juga cenderung aman digunakan tanpa menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat.

0 Response to "15 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami [Pengalaman Pribadi]"