Komedo

Cara Menghilangkan Komedo Putih, No. 5 Paling Ampuh

Pilihan cara menghilangkan komedo putih cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan pilihan cara menghilangkan komedo hitam. Adapun beberapa sumber di internet yang menyebut jika ada cara ini atau ada cara itu yang ampuh untuk mengatasi komedo putih, bagi saya adalah sumber yang mengada-ada saja. Pasalnya, hampir semua cara yang tertera itu, setelah saya coba ternyata hasilnya sangat mengecewakan. Oleh karena itu, dari pada Anda buang-buang waktu dengan melakukan tips dan cara tersebut, berikut ini saya sajikan beberapa cara menghilangkan komedo putih yang sudah saya coba sendiri dan menunjukan hasil yang sangat memuaskan.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Untuk menghilangkan komedo putih, cara yang dilakukan sangat terbatas. Pemahaman mengenai apa dan bagaimana itu komedo putih sangat penting untuk dimiliki sebagai bekal agar tidak terjebak mengikuti cara-cara yang tak membuahkan hasil.

Apa itu Komedo Putih?

Komedo putih adalah kondisi dimana kelebihan minyak tertampung dan menyumbat pori kulit, menyebabkan timbulnya tonjolan kecil di bagian bawah jaringan epitel kulit karena porinya tertutup, dan membuat seseorang menjadi lebih sering mengalami jerawat akibat timbunan minyak ini lebih mudah terinfeksi bakteri.

Komedo putih sering pula disebut dengan istilah komedo tertutup (whiteheads). Jenis komedo ini cenderung lebih sulit diatasi karena perlu teknik khusus untuk menghilangkannya. Adapun cara menghilangkan komedo putih harus dimulai dengan proses pelukaan pada pori kulit yang menutup. Bantuan dokter kecantikan dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk menghindari risiko infeksi atau efek samping pasca perlakuan. Oleh karena itu, facial dan chemical peeling adalah anjuran pertama yang saya sarankan bagi Anda sebagai cara menghilangkan komedo putih paling aman.

Menyadari jika tidak semua orang bisa melakukan facial atau chemical peeling untuk menghilangkan komedo putih, berikut ini saya tuliskan beberapa cara lain yang menurut saya cukup efektif sebagai alternatif yang bisa dilakukan.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

1. Menggunakan Jarum Khusus

Menghilangkan komedo putih dengan jarum khusus bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa butuh bantuan dari dokter kecantikan atau tenaga terlatih. Asalkan Anda telaten, Anda bisa melakukan teknik ini sendiri dirumah.

Cara menghilangkan komedo putih dengan jarum sebetulnya sudah cukup populer di negara-negara barat, hanya saja di Indonesia sendiri cara ini cenderung belum terpublish sehingga hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Adapun jarum khusus yang digunakan tampak seperti pada gambar di atas. Kekhususan jarum ini berguna untuk melukai pori kulit yang menutup pada komedo putih tanpa harus menimbulkan risiko fatal atau bekas luka. Jarum ini aman asalkan digunakan dengan cara yang sesuai prosedur seperti yang dibahas pada artikel ini.

2. Menggunakan Baking Soda

Cara Menghilangkan Komedo Putih
Baking soda mengandung natrium tinggi yang membantu melembutkan jaringan kulit luar sehingga tonjolan komedo putih lebih mudah dilukai. Pelukaan ini bertujuan untuk mengeluarkan isi pori kulit sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari.

Cara menghilangkan komedo putih menggunakan baking soda cukup dilakukan dengan membalurkannya pada kulit yang basah selama sekitar 10 menit, kemudian membersihkannya, lalu membalurkan masker alami untuk menyerap kotoran-kotoran yang ada dalam pori tadi. Beberapa masker alam yang dapat digunakan misalnya putih telur, pepaya, daun kemangi, atau pisang.

3. Menggunakan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon

Jeruk nipis dan jeruk lemon, keduanya adalah bahan alami yang secara signifikan ampuh untuk mengatasi komedo di wajah dan hidung Anda. Sari buahnya yang sangat kaya akan vitamin C membantu membuka pori kulit yang tertutup dan mengangkat kotoran di dalamnya melalui proses biokimia yang terjadi saat Anda membalurkannya pada wajah. Adapun untuk komedo putih yang terletak di bawah mata, saya tidak menganjurkan Anda menggunakan cara ini karena pengalaman saya jika dilakukan akan membuat mata menjadi perih.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Cara Menghilangkan Komedo Putih
Bahan yang setiap hari kita gunakan untuk membersihkan gigi kita dari sisa makanan ini juga menurut saya cukup ampuh untuk mengatasi masalah komedo putih di wajah dan hidung. Adapun dalam cara penggunaannya, pasta gigi dicampurkan dengan sedikit garam halus kemudian dioleskan pada bagian kulit yang sebelumnya telah diuapi dengan air panas.

Pengalaman saya, jika Anda rutin melakukan cara menghilangkan komedo putih dengan pasta gigi ini, cukup dengan waktu tak lebih dari 2 minggu saja, komedo putih Anda akan segera musnah dan tak akan kembali lagi.

5. Melakukan Facial dan Chemical Peeling

Cara Menghilangkan Komedo Putih
Melakukan facial dan chemical peeling adalah pilihan terbaik yang saya sangat anjurkan dari berbagai cara menghilangkan komedo putih lainnya. dengan hanya membayar Rp. 80.000 sampai 120.000 saja setiap kali perawatan, Anda akan terbebas dari masalah kulit satu ini. Adapun menurut saya biaya tersebut cenderung lebih murah dibandingkan jika Anda melakukan perawatan untuk menghilangkan jerawat. Ingat, komedo putih yang dibiarkan terus akan membuat wajah kita semakin banyak ditumbuhi oleh jerawat.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan komedo putih yang pernah saya lakukan dan menghasilkan perubahan memuaskan. Baik cara yang menggunakan jarum, bahan alami, atau melakukan facial, semuanya adalah cara-cara yang ampuh untuk mencegah komedo putih Anda datang lagi, dan lagi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menghilangkan Komedo Putih, No. 5 Paling Ampuh"